Comments

Perbedaan Nama Motor Di Indonesia Dengan Malaysia (Tapi Sejenis)


Wartawan Rusuh.. Kali ini ada yang menarik yaitu perbedaan Nama Motor Di Indonesia Dengan Malaysia ni.
Nama sebuah sepeda motor di Indonesia belum tentu sama dengan Malaysia. Kita mungkin saja akan menganggap nama yang di berikan pada produk itu lucu. Tapi tidak dengan masyarakat Malaysia sendiri ya begitu juga "lucu" sebaliknya haha..

Trus apa saja sepeda motor yang dijual di Indonesia yang punya nama berbeda di Malaysia ? ini dia ulasannya:

1. Suzuki Satria FU15
Suzuki Satria FU = Belang
Suzuki Satria FU150 adalah motor sport yang cukup populer di Tanah Air Indonesia. bahkan menjadi tulang punggung penjualan Suzuki. Namun di negara Malaysia, motor ini punya nama yang cukup unik lho, yaitu (Belang R150.)

Dari sisi spesifikasi, tidak ada yang membedakan keduanya. Belang R150/Satria FU150 sama-sama menggendong dengan mesin 4 tak DOHC 147 cc dan dilengkapi dengan air-oil cooled. Keduanya juga dilengkapi dengan electric dan kick starter. di indonesia mah Engkol bahasanya.

Dengan mesin tersebut, si Belang R150/Satria FU150 memiliki tenaga 16 Tk dan torsi 12,7 Nm, yang mampu membuat motor melaju hingga kecepatan maksimal 140 km/jam.

Trus yang membedakan keduanya hanyalah aksesoris pada warna. Kalau Satria FU150 dilengkapi dengan empat varian warna (hitam, merah, putih, dan biru), dan si Belang R150 hanya tiga warna saja (merah, putih, dan hitam).

2. Yamaha Mio
Yamaha Mio = Ego S
Yamaha Mio merupakan salah satu motor terlaris di Indonesia. Menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Mio Series sepanjang tahun ini terjual sebanyak 539.958 unit, persis di bawah Honda Beat Series (1.855.349 unit) dan Honda Vario Series (1.277.024 unit).

Sedangkan di Malaysia, motor mio juga dijual, tetapi dengan nama Yamaha Ego. Motor yang merupakan suksesor Nouvo ini juga terjual cukup laris disana.

Model Mio yang beragam juga membuat nama Ego juga beragam-ragam. Misalnya, Yamaha Mio Soul GT. Di Negeri Jiran itu, namanya berbuah menjadi Ego S. Penyesuaian nama ini juga diikuti oleh sejumlah perubahan, salah satunya adalah desain headlamp.

Ego S dimensinya lebih besar dan tidak dilengkapi grill layaknya Soult GT. Model ini juga dilengkapi dengan reflektor di spakbor belakang untuk memenuhi regulasi. Selebihnya, yaitu lekukan dan body tidak jauh berbeda dengam mio Indonesia.

Begitu pun dengan spesifikasi mesin. Keduanya sama-sama menggendong mesin satu silinder SOHC dengan kapasitas 113 cc. Keduanya juga telah dilengkapi dengan teknologi injeksi bahan bakar YMJET-FI yang membuatnya lebih irit.

3. Honda Supra
Honda Supra = Wave
Honda Supra juga punya kembaran di Malaysia sob, namanya Wave. kalau di Eropa, motor ini dikenal dengan Honda Innova, juga dijual dengan nama Honda NF Series. Ini adalah seri motor yang pertama kali diproduksi pada 1995 seumuran dengan saya haha.

Wave tersedia dengan pilihan 100 cc, 110 cc, dan 125 cc. Selain menggunakan karburator, tersedia juga dengan sistem injeksi, khususnya untuk 110 cc dan 125 cc. Tapi di tahun yang sama, Wave 100 cc dihentikan produksinya.

Sedangkan di Indonesia, model 110 cc juga dikenal dengan Honda Revo, model 100 cc di Tanah Air dijual dengan nama Supra Fit. Sementara itu, Honda Wave Dash disini dikenal dengan nama Honda Blade.
Selain Wave, ada pula Future 125, yang di Indonesia dikenal dengan nama Supra X. Keduanya dilengkapi dengan mesin 4T SOHC berkapasitas 124,8 cc serta dilengkapi dengan air-cooled. Dan juga dapat menampung helm full face wow..

Gimana ni sobat wartawan rusuh setelah mengetahui perbedaan nama tapi tetap 1 jenis motornya.. Belakangan ini di kawasan Kec. Kempas Jaya, Danau Pulai Indah ada juga tu yang pakai tapi hanya lis/les nya saja wkwk..
 (BWR)
Share on Google Plus

About Punk5sunda

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar:

  1. Oh seperti itu bedanya.. saya jadi Tau.. hihihi

    BalasHapus

Ayo Berkomentar Yang Baik, Jangan Spam !